Sabtu, 09 Februari 2013

TEKNOLOGI NANO KARBON



TEKNOLOGI NANO KARBON

Kecil-kecil cabe rawit, begitulah yang ternginang di benak saya ketika membaca artikel tentang si kecil ini, mengapa saya mengatakan kecil-kecil tapi cabe rawit? ? itu karena manfaatnya yang sangat -sangat pedas untuk menarik perhatian saya, bagaikan semangkok sambal balado yang bisa memancing air liur keluar dari mulut bagi setiap penikmat sambal seperti saya. .hehehe

Manfaat dari partikel nanokarbon ini sangat besar kawan bagi perkembangan dunia industri maupun kedokteran, ukurannya yang sangat kecil sampai sepermiliar meter yang hampir berdekatan dengan ukuran satu atom yang berukuran beberapa armstrong saja (1 armstrong sama dengan sepersepuluh nanometer) ini mampu menciptakan penemuan-penemuan yang sangat berguna bagi kemaslahatan umat sekarang ini, inilah alasan mengapa terciptanya sebuah ungkapan bahwa sesuatu yang besar itu bermula dari hal-hal yang kecil. . . itu bisa dibuktikan oleh si kecil ini. . .  subhanalloh. . .

Sumio iijima, seorang peneliti  asal Jepang dari perusahaan Nippon Electronics Company (NEC) inilah yang telah menemukan material ini atau biasa dikenal sekarang dengan istilah CNT (Carbon Nanotube) pada tahun 1991, sebelumnya iijima pada tahun 1985 menekuni material fullerence yaitu material berunsur karbon dengan bentuk mirip bola sepak, yang pada masa itu membuat ribuan peneliti di seluruh dunia berbondong-bondong bersaing untuk mengeluarkan hasil riset tentang si fullerence ini. Tapi iijima sendiri terfokus untuk meneliti bagaimana proses pertumbuhan fullerence melalui penggunaan alat mikroskop elektron, dan memprediksikan bahwa dalam pertumbuhannya akan didapatkan bentuk seperti bawang bombay, namun perkiraan beliau meleset melainkan yang didapatkan adalah fullerence dengan bentuk pipa dengan sifat kimiawi yang sangat stabil yang selanjutnya material tersebut diberi nama Carbon Nanotube (CNT),  super impressive! ! !

Prestasi gemilang yang ditunjukkan oleh pahlawan asal negeri naruto ini membuat para peneliti geger! ! ! Setelah ia publikasikan di majalah paling bergengsi di dunia sains yaitu Nature pada bulan November 1991.  Itu membuat rasa penasaran para peneliti di dunia untuk menguji karakteristik dari penemuan iijima ini sehingga menjamurlah penelitian di seluruh seantero dunia dengan fokus CNT dari berbagai macam disiplin ilmu, baik segi pembuatan, mekanik, fisika, kimia maupun elektronik.
Kelebihan yang ditunjukkan si kecil CNT ini tidak diragukan lagi dalam hal sebagai bahan dasar pembuatan produk-produk modern saat ini, dari pembuatan raket bulu tangkis NANOSPEED yang dikeluarkan perusahaan ternama YONEX sampai  mesin bertenaga ribuan kuda NISSAN X-Trail, bahan pelindung dari kedua produk tersebut  dirakit sedemikian rupa dengan CNT sehingga terbentuk bahan pelindung yang sangat kuat tetapi ringan dan irit bahan bakar. Daya kuat dari nanotube ini 100-200 kali lipat lebih besar dari baja dan kevlar dan lebih keras dari intan, dan bila dicampurkan dengan bahan plastik akan menghasilkan hasil yang elastis dan kuat luar biasa, dan tentunya wajar apabila dana yang dibutuhkan untuk membuat bahan-bahan ini tidak sedikit. . .

Kelebihan lain yang ditunjukkan oleh si kecil ini dalam bidang kesehatan ialah sebagai sistem penghantar obat di dalam aliran darah yang berhasil diciptakan oleh kerjasama dari NEC, Japan Science and Technology Agency, serta cancer Institute Japan, CNT dalam bentuk nanohorn teridentifikasi mampu menjadi penghantar obat tumor dan kanker dan aman bagi tubuh si pengidap, dengan kelebihan ukurannya yang sangat kecil ini mampu memusnahkan sel penyakit dan sel tumor secara efektif dengan sistem dimasukkan butiran obat kanker seukuran 1-2 nanometer ke dalam rongga nanohorn. Menakjubkan bukan? ?
Tidak itu saja kawan, dari sisi karakterisitik kimiawinya, CNT ini bisa dipakai sebagai material penyerap dan penyimpan gas hidrogen, material yang diperlukan dalam pembuatan full cell. Apa full cell itu? Full cell adalah jenis baterai yang bisa membangkitkan energi listrik dari reaksi kimia antara gas hidrogen dan oksigen, ini merupakan suatu terobosan besar bagi solusi menghadapi krisis energi dunia saat ini, karena apabila sumber energi minyak bumi kita telah habis, kan bisa dikonfersikan dengan full cell ini, wah wah. . . sungguh menakjubkan kelebihan dari si kecil ini, dan tentu saja jenis pembangkit full cell ini mendapat perhatian yang sangat banyak dari para peneliti energi di dunia.  Kelebihan dari full cell ini ialah ramah lingkungan, karena yang dihasilkan dari pembuangannya bukan berupa polusi seperti asap yang biasa dikeluarkan kendaraan-kendaraan berbahan bakar bensin, solar, dsb melainkan outputnya berupa air, nah sangat menguntungkan bukan? ? ? Saat ini di Jepang sudah mengembangkan jenis pembangkit ini, walaupun jumlahnya masih sedikit sebagian dari mobil dan taksi sudah menggunakan teknologi ini dan tidak menggunakan bensin atau solar sebagai bahan bakarnya. Pertanyannya, kapan ya di Indonesia ada kaya begituan? ? Hihihi. . . Jawabannya ada pada diri kita masing-masing kok. . .

Nah, bagaimana sobat blogger? ? ? Apakah sudah tergugah hati kita akan hebatnya ciptaan Sang Maha Pencipta ini? ? ? Akan jenius-jeniusnya para ilmuwan yang telah mengeluarkan karya-karya inovatifnya? ? ? Tentu kita pasti ingin kan bisa mengeluarkan hasil-hasil penelitian seperti ilmuwan-ilmuwan diatas? ? ? Bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia. . . Alloh menciptakan semua manusia dari bahan dasar yang sama, dan diberi potensial yang sama pula, jadi tidak ada alasan kita mengatakan karena mereka diberi kelebihan jenius sedangkan kita tidak, karena Alloh itu Maha Adil, semua manusia yang diciptakan-Nya semua sama, diberi potensi-potensi yang sangat luar biasa, apabila kita mau menggalinya. . . So, ngga ada kata impossible klo kita mau fight ! ! ! Semua bisa asal usaha, tapi tetep, harus menjaga keistiqomahan dan jalan maupun tujuan yang dipakai mendapat ridho dari-Nya, karena percuma aja kalo kita jenius tapi akhlak bobrok. . . Jenis manusia seperti itu bukannya bermanfaat bagi sesama, tapi malah menjadi racun bagi sesama. . . So, sahabat episode semuanya, jadilah seorang muslim yang berintelektual tinggi serta diimbangi dengan spiritual yang tinggi pula, dunia dan akhirat harus seimbang lho. . .

Saya baru-baru ini mendapat sebuah istilah yang cukup berkesan buat saya, dan semoga begitu juga buat sobat blogger semua, nih bunyinya “Jangan pernah meremehkan kekuatan seorang manusia, karena Tuhan sedikitpun tidak pernah”, nah bagaimana sobat? ? Cukup menggugah? ? Jadi jangan pernah meremehkan potensi yang dimiliki orang lain apalagi pada diri kita sendiri, karena Tuhan sedikit saja tidak pernah, so, keep strugle! ! ! Manfaatkan peluang prestasi yang masih terbuka lebar ini, teruslah menggali dan menggali lagi potensi diri untuk menjadi ilmuwan yang bisa membantu negeri ini bangun dari tidur lelapnya, jangan sia-siakan masa mudamu! ! ! Dan gali potensimu! ! !


10 komentar:

  1. Armstrong??? niels armstrong kali ya?huahahhhaha
    Yg insyaallah satuan yg bner itu nmnya 'angstrom',
    Boleh deh d cek yg bner yg mn.wkwk

    BalasHapus
  2. ohh iya, mksh Kakak Acha :D
    TERKADANG Kakak Acha cerdas yah :p

    BalasHapus
  3. Samasama kakak kabid ga seberapa,usul dng artikelny berbau remaja msa kini blh???

    BalasHapus
  4. Berbau bau akhlak juga boleh.apalg remaja d gabung akhlak,nti klo buat d ksh like,huahhaha

    BalasHapus