Senin, 28 Oktober 2013

Sudah EBT kah Indonesia?



Assalamu'alaikum, oke, sekarang gw akan ngejelasin mengenai masalah EBT, apa sih EBT itu? Dan apa sih pengaruhnya bagi masa depan Indonesia? Dan mengapa EBT ini menjadi trending topic nih di Indonesia bahkan mendunia? Oke, daripada kita menduga-duga yang ujungnya su'udzhan (astaghfirulloh), mending langsung kita sidak ajha yuk? Oke capcussssss

I
ndonesia merupakan sebuah negara kepulauan atau dengan kata lain negara maritim yang hampir seluruh pulaunya dikelilingi oleh lautan, tentunya ini merupakan sebuah potensi yang sangat besar bagi Indonesia dalam penyediaan Energi Baru Terbarukan, mengingat sudah semakin menipisnya bahan baku fosil yang dimiliki dunia. Namun, di Indonesia kini yang sangat disayangkan adalah, SDA yang besar itu tidak diimbangi dengan SDM yang besar pula, sehingga pemanfaatan sumber EBT yang sudah tersedia ini belum maksimal, kita ambil contoh saja dalam penggunaan sumber EBT air sebagai Pusat Pembangkit Tenaga Listrik, sampai sekarang Indonesia hanya mampu memanfaatkan 5% dari jumlah total energi air yang tersedia, masih sangat jauh bukan? Dari data, dilihat bahwa penggunaan energi listrik dan energi primer per kapita di Indonesia sebesar 517 kWh, sedangkan penggunaan energi listrik dan energi primer di dunia sebesar 2463 kWh, namun justru Indonesia memiliki sumber energi air terbesar yaitu 75.670 MW, hal ini menunjukkan bagi kita bahwa perlu terus dilakukannya upaya pegencaran dari pihak pemerintah agar terus meningkatkan SDM di negeri ini, agar tidak terjadi ketimpangan antara sumber bahan baku dan pemrosesnya.

Oke, lanjut, gw akan ngejelasin apa itu EBT? Dan bagaimana dampaknya? Apa saja keuntungan bagi Indonesia apabila memakai EBT ini?
EBT merupakan kependekan dari Energi Baru Terbarukan, yang artinya tentu saja Energi yang diperbaharui dari keadaan lama menjadi keadaan yang baru dengan kelebihan-kelebihan dan manfaat lebih baik dari yang lama, tentunya Energi Terbarukan adalah energi yang berasal dari matahari, angin, dan sumber alamiah lainnya, baik itu turunan secara langsung maupun tidak, dan tentu saja energi terbarukan ini dapat kita hasilkan melalui waktu yang singkat dan penggunaan energi tidak terbatas dalam segi sumber alamiahnya, tetapi dalam segi aliran energinya terbatas, dan tentu saja energi ini dapat di daur ulang (renewable), dan bagaimana dampaknya bagi Indonesia EBT ini? Tentu saja EBT ini sangat mempengaruhi negara ini, kenapa demikian? Kita kenal Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber energi dari alam, sampai sekarang telah ditemukan 10 sumber EBT di Indonesia yang sangat potensial, namun, sumber tersebut sejauh ini belum bisa ditangani dengan maksimal, hal itu disebabkan banyaknya problematika di negeri ini, sehingga pegencaran EBT ini dirasa masih kurang, problematika tersebut meliputi fluktuatif ekonomi, kepentingan politik, dan sosialisai yang dirasa masih kurang, sehingga kesadaran akan menipisnya energi di dunia ini dan harus mencari energi elternatif masih kurang, menurut hemat saya, segera digencarkan lagi mengenai EBT ini, khususnya dalam hal sosialisasi dahulu, karena apa, hal yang paling penting dalam menjalankan suatu rencana dengan sekelompok orang bahkan dalam jumlah besar apalagi di dalam sebuah negara adalah dengan cara menumbuhkan kesadaran terlebih dahulu bagi anggotanya, baru kemudian  perealisasian, dan apabila kesadaran itu sudah mulai tumbuh, maka perealisasian akan dirasa lebih mudah dan lancar, baru kemudian pemerintah harus menggali lagi potensi di Indonesia ini baik itu SDA dan SDM lalu buatlah suatu gebrakan serempak di seluruh penjuru negeri untuk melakukan riset mengenai potensi yang ada, dari sekian gebrakan tersebut, pemerintah tentu dapat memilih sumber yang mana yang paling potensial, dan kemudian fokuskan pada sumber tersebut, dan buat EBT yang kemudian bisa bermanfaat bagi Indonesia, dan terus berkelanjutan bagi masa depan Indonesia. Masih banyak PR yang harus diselesaikan bagi Indonesia, tidak hanya mengenai EBT ini, Indonesia perlu banyak belajar, negeri dengan beribu pulau dan beribu kultur ini pasti dapat menjadi negeri dengan beribu manfaat pula, amin, teruslah berkarya wahai pemuda bangsa, tidak ada pundak lain yang menjadi tumpuan bagi Indonesia selain pundak kalian, maka satukan kekuatan, buat jembatan pundak yang dapat menopang seluruh beban negeri ini, ikhlaslah, dan terus berjalan di track yang benar, karena ada pepatah mengatakan ‘sebatang sapu lidi akan mudah patah dan rapuh dan tidak dapat bermanfaat, namun jika kamu satukan puluhan bahkan ribuan batang lidi tersebut, maka sekuat apapun kamu tidak akan pernah bisa mematahkannya’, TETAP SEMANGAT! ^^

25 komentar:

  1. Apa cerita ini artikel???? bersambung?

    BalasHapus
  2. iya, hahahaha, bersambung, alias belum rampung, hahaha, ditunggu yak seri kelanjutannya, "akankah perselingkuhan mereka terbongkar? dan akankah status anak tiri dari buah perceraian mereka terkuak? Terus saksikan sinetron unggulan kita Tersanjung 26" hahahahahaha

    BalasHapus
  3. Bukan tersanjung 26,, tapi tersasar 2kali aja,huahhaha

    BalasHapus
  4. bwahahaha
    ada ya sinetron kaya gtu? :D

    BalasHapus
  5. Yaudhlh,skrg silahkn lnjutkan artikelnya

    BalasHapus
  6. ya itu udah selesai artikelnya

    BalasHapus
  7. Jdi 10 sumber EBT d indonesia apa??????

    BalasHapus
  8. 1. energi matahari
    2.energi angin
    3.energi laut
    4.energi geothermal (panas bumi)
    5.energi biomassa
    6.energi biodiesel
    7.energi biofuel
    8.batubara
    9.energi hidrogen
    10.energi hydropower

    ada yang ingin ditanyakan?

    BalasHapus
  9. Pnjlsan nya,dmn d gunainny..trus aphh pkkny yg brkaitan (penjelasannya)

    BalasHapus
  10. sorry, ralat, di bagian nmer 7 sbenernya diisi oleh energi bioethanol, bkan biofuel, karena biodiesel sudah termasuk biofuel, jdi nmer 7 adalah bieethanol.

    ok, ini penjelasannya :
    7. bioethanol : Bioetanol merupakan salah satu jenis biofuel (bahan bakar cair dari pengolahan tumbuhan) di samping biodiesel. Bisa berbahan baku dari singkong, jagung, kelapa sawit.

    8. batubara (lebih tepatnya gasifikasi batubara) : Coal gasification adalah sebuah proses untuk mengubah batu bara padat menjadi gas batu bara yang mudah terbakar (combustible gases), setelah proses pemurnian gas-gas ini karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), hidrogen (H), metan (CH4), dan nitrogen (N2) – dapat digunakan sebagai bahan bakar. hanya menggunakan udara dan uap air sebagai reacting-gas kemudian menghasilkan water gas atau coal gas, gasifikasi secara nyata mempunyai tingkat emisi udara, kotoran padat dan limbah terendah. Beberapa perusahaan sudah mengembangkan dan memanfaatkan energi ini.

    9. energi hidrogen : hidrogen adalah salah satu sumber energi utama bahan bakar pengganti bahan bakar fosil, didapat dari gas alam melalui proses stream reforming. banyak keunggulan dari energi hidrogen ini.

    10. energi hydropower : energi yang memanfaatkan potensi air, seperti di sungai, lautan, dll.

    tanyakan yg krg jelas.

    BalasHapus
  11. tambahan : mksd saya biodiesel dan bioethanol sudah termasuk biofuel, jdi 2 dalam satu paket.

    BalasHapus
  12. Kyk ny energi energi yg ada sulit d dpt gtu ga si?
    Trus proses ny lama ga?
    cb ge ap klbhn energi hidrogen?
    Hhmm sy lupa bumi ini brp persen hidrogen nya? trus hmmm bnyk mn d bnding oksigen?

    BalasHapus
  13. sebenernya dalam hal penyediaan sumber energinya tidaksulit,di Indonesia sendiri banyak banget sumber energi yang melimpah, khususnya di 10 energi terbarukan tadi, cuma yang menjadi kendala disini adalah dalam hal pengolahan sumber-sumber tersebut menjadi energi terbarukan siap pakai.

    untuk proses sendiri tergantung jenis sumber energi yang diolah, dan kondisi di negara tersebut, misalnya dalam pengolahan sumber energi biofuel, banyak sekali kendala-kendala yang dialami oleh pemerintah maupun masyarakat sipil (bisa dilihat di artikel saya tentang biofuel)

    untuk kelebihan energihidrogen sendiri bahwa energi sumber ini berpotensi untuk bahan bakar pengganti bahan bakarfosil, hidorgen ini didapat dari proses stream reforming, yaitu metode produksi hidrogen yang melibatkan gas Methane dan uap air melalui proses thermo-kimia dengan suhu tinggi. Kelebihan dari energi ini adalah khusunya dalam hal pengurangan emisi gas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil, bila bahan bakar fosil menghasilkan CO energi ini menghasilkan air, tentunya ramah lingkungan bukan? Dan masih banyak sekali keunggulan dari energi ini, di Bumi, hidrogen mempunyai jumlah terbesar yaitu 93%, di Bumi hidrogen menempati 3/4 dari seluruh atom di Bumi.

    BalasHapus
  14. Oh iya inget deng yg emisi emisi itu.iya iya prnh d singgung dosen dkit,
    Terimkasih bnyk ilmu nya:)
    trus udh survei blm d ngra indonesia gmn tuh 10 EBTny brjln ap tdk atw gmn,trus klo brjln d mn aj,trus d gunain untk ap aj,ksh cntoh tmpt ny

    BalasHapus
  15. Salah 1 ebt ny aj,soallny d artikel udh blg klo indonesia blm untuk ebt ini krn brbgi promblematika,pgn tw 1 aj ada ga yg udh brjlan,

    BalasHapus
  16. oke, sama2 :), saya juga berterima kasih sudah bersedia mengomentari blog saya :), terima kasih banyak :)

    oke, begini, untuk survei di Indonesia, pasti sudah dilakukan, makanya didapatkan 10 EBT tersebut di Indonesia, tetapi yang menjadi kendala sekarang di negara ini adalah dalam hal proses kelanjutannya dalam mengolah sumber-sumber ini, pemerintah banyak sekali mengalami kendala, bisa di baca di artikel saya tentang Teknologi Generasi Kedua Bio-Fuel, “Solusi Krisis Energi”, disitu dijelaskan apa-apa saja kendala pemerintah dalam mengolah biofuel itu, disamping itu yang saya ketahui dalam pengolahan panas bumi, di Indonesia, panas bumi yang paling potensial terdapat di pulau Sumatera dan satu lagi pulaunya tapi saya lupa, kedua potensi ini diyakini dapat mencukupi kebutuhan listrik se Indonesia apabila dikelola dengan baik, tetapi lagi-lagi kendala, seperti pihak kawasan hutan yang belum mengizinkan dilakukan eksplorasi sumber tersebut, sosialisasi yang kurang terhadap masyarakat setempat sehingga masih pro kontra antara pemerintah dan masyarakat, kita ambil contoh di Lampung Barat, di Lampung Barat tepatnya di Souh, terdapat potensi listrik energi panas Bumi yang dapat mencukupi kebutuhan listrik se-Lampung, namun sampai sekarang belum bisa terealisasi karena masalah itu tadi, lagi-lagi sosialisasi yang kurang, dan pihak setempat belum mengizinkan diadakan eksplorasi, itu salah satu contohnya, untuk sumber-sumber energi lain, saya rasa tidak jauh berbeda dengan nasib energi-energi ini.

    BalasHapus
  17. begini, di Indonesia sendiri, untuk pengolahan EBT sudah bisa dikatakan berjalan, tetapi, lebih tepat dikatakan berjalannya tersendat-sendat, kenapa demikian? kita ambil contoh saja tentang sumber EBT bioethanol, sekarang, banyak sekali para peniliti-peneliti melakukan penelitian tentang bioethanol dari bahan baku seperti singkong, tebu, sorgum, dll, tetapi dirasa tidak ada efek apapun untuk negara ini, karena kurang gencarnya pemerintah dalam megencarkan penelitian-penelitian tersebut, kalau kata kasarnya dalam suatu acara adalah 'kurang meriah', satu contoh sumber ethanol dari batang sorgum, kamu tau tanaman sorgum? tanaman ini apabila dibudidayakan dengan baik di Indonesia, pasti kebutuhan ethanol di Indonesia akan melimpah ruah, kenapa saya katakan demikian? karena potensi yang dimiliki tanaman ini sangat bagus, kandungan nira di dalam batang sorgum hampir 90%, yang artinya hampir seluruh batangnya ini tersusun oleh gula-gula, yang menjadi bahan baku pembuatan ethanol, di Indonesia yang beriklim tropis tanaman ini dapat tumbuh subur, bahkan di tanah yang berasam sekalipun (tentunya dengan kadar tertentu), jadi kita tunggu saja dan doakan semoga pemerintah dpat mengambil langkah cepat dan tepat dalam mengolah sumber-sumber potensial di negara ini, dan juga tentu saja kita sebagai pemuda negeri ini harus mendukung dan berupaya terus berinovasi dalam hal pengembangan EBT ini dengan cara minimal berbagi ilmu kepada yang lain, oke ;), SE MA NGAT!

    BalasHapus
  18. Bru baca nih komenannya,
    Hah sorgum? Bnyk mngndung gula-gula? Knp hrs sorgum. Tebu aj bnyk d bunga mayang,tw dmn bunga mayang ga? Klo gula pling manis ad d buah-buah2an knp cb hrs tnaman sorgum,ap beda ny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iya nih, kangen artikel gw ga dikomenin :D

      oke, pertanyaan bagus :), kenapa sorgum? kenapa tidak memakai bahan yang mengandung gula dari buah-buahan lain? jawabannya adala..... jreng jreeeenggggg :D
      hal itu dikarenakan batang sorgum memiliki hampir 70% mengandung gula atau dengan kata lain totally sugar, kandungan lebih besar dari tebu, sedangkan apabila kita memakai sumber dari buah-buahan gula yang dihasilkan dari buah-buahan sedikit untuk dari segi bahan pembuatan ethanol, dan itu akan mempengaruhi dari segi konsumsi buah tersebut, begituuuuuuu

      Hapus
  19. oh bru tw emgnya iya ya bahan baku buat etanol itu dr gula2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, ethanol adalah bahan dasar alkohol hasil fermentasi karbohidrat

      Hapus