Selasa, 21 Mei 2013

EVAPORASI



Nah, sahabat blogger setia semua, sebelumnya kita sudah membahas mengenai proses distilasi nih, masih inget ga tuh apa itu distilasi? Yap bener banget, distilasi merupakan proses pemisahan antara campuran 2 zat atau lebih melalui perbedaan titik didih, tapi ga apa-apa bagi yang ga inget, itu wajar kok fitrah kita sebagai manusia terkadang lupa, untuk mengatasi itu monggo dibaca lagi ^^, nah sekarang kita akan membahas proses selanjutnya yang masih berhubungan dengan keteknik kimiaan, yap benar! Yaitu proses evaporasi, apa itu evaporasi? Bagaimana mekanisme yang terjadi di dalamnya? Apa saja yang terjadi di dalamnya? Mari kita sidak!^^


Evaporasi merupakan proses penambahan konsentrasi suatu zat tertentu melalui proses perubahan molekul dari zat campurannya (zat cair menjadi molekul uap/gas), intinya adalah evaporasi merupakan proses penguapan, perbedaannya dengan distilasi adalah bila distilasi uapnya yang diinginkan, pada proses ini zat yang tertinggal itulah yang diinginkan, sedangkan uapnya biasanya dibuang, biasanya molekul yang menguap ini memiliki energi yang lemah untuk terikat dengan cairan, sehingga dengan spontan menjadi uap karna suhu yang sudah mencapai pada titik didih zat tersebut. Namun adapula zat yang mempunyai energi keterikatan yang kuat antara molekul  satu dengan yang lainnya, contohnya yaitu minyak goreng, apabila zat ini diuapkan, terjadi juga proses penguapan namun berjalan lambat. Contoh mudahnya pada proses penguapan ini adalah, sahabat blogger semua pasti kenal dengan yang namanya hujan kan? Yap kejadian alam yang sering membawa manfaat yang banyak ini merupakan proses evaporasi, yah karna di dalamnya terjadi penguapan berbagai macam sumber air di bumi (sungai, air laut, dsb) ke atas (menjadi awan) karna panas dari matahari sehingga terjadi penguapan, yang kemudian apabila sudah jenuh (di awan) akan terjadilah yang namanya hujan turun atau turun hujan (hehe, sama aja ya? :D ).



Diatas merupakan salah satu contoh proses evaporasi yang terjadi di dunia industri, tahukah teman alat yang menjadi dalang proses penguapan ini disebut apa? Yap bener banget! Evaporator namanya, pada alat ini menggunakan dua prinsip dasar yaitu menukar panas dan memisahkan uap yang terbentuk sebagai cairan. Biasanya produk yang dihasilkan berupa padatan dan cairan, contohnya pada proses penghasil garam murni, uap air yang terkandung (yang lebih volatil) akan menguap sedangkan garam yang tidak menguap akan tinggal sebagai produk yang diinginkan, yang selanjutnya uap yang sebagai byproduct dikondensasikan dengan cara menurunkan suhunya pada kondenser dan kemudian dibuang.

Gimana nih sahabat blogger semua? Kira-kira sudah bertambah pengetahuannya? Jangan lupa berucap Alhamdulillah loh, oke, semoga kita bisa menjadi penerus bangsa yang berkualitas dan bisa membangun negeri ini ke arah yang lebih baik, amin. 
TETAP SEMANGAT KAWAN! Kuncinya konsisten dan Disiplin! ^^


7 komentar:

  1. Hmm ini sy yg ga paham atw gmn,jd mw tnya ktnya kalo distilasi bwt ngambil uapny sedngkan ktny klo evaporasi ini biasanya uap ny d buang,knp ga d jadiin satu aj dg double fungsi jd smpel,jd ga ad yg ga d gunain,ap gmn,bingung

    BalasHapus
  2. gini, biar saya coba jelaskan ya Nak :D, jadi benar adanya kalau distilasi itu proses pengambilan uap dari salah satu fluida di dalam sebuah campuran yang mempunyai perbedaan titik didih dengan tujuan untuk memisahkan fluida-fluida yang terdapat di dalam campuran tsb, bukan berarti dibuang ya? tapi diambil uapnya dan dikondensasikan kembali di menara pendingin atau cooling tower, sedangkan evaporator berfungsi untuk menguapkan suatu campuran yang dimana campuran tersebut terdiri dari zat terlarut dan pelarut (biasanya air), jadi sebenernya hampir sama prinsip kerja dari kedua proses tersebut, tetapi, dalam terdapat lebih dari satu fraksi di dalam uap yang kemudian uap yang berisi fraksi-fraksi tersebut diuapkan kembali dengan tujuan untuk memperoleh distilat yang lebih murni, sedangkan di evaporator uap yang dihasilkan hanya satu fraksi saja, biasanya ini air, jadi kesimpulannya di evaporator hanya memisahkan zat terlarut dengan air, sedangkan di distilasi memisahkan campuran dari berbagai zat dengan perbedaan titik didih, bagaimana? silahkan tanyakan lagi apabila masih penasaran :)

    BalasHapus
  3. ralat : tetapi, dalam 'distilasi' terdapat lebih dari satu fraksi ......... >

    BalasHapus
  4. Prinsip krja evaporator kyk rekristalisasi bkn?

    BalasHapus
  5. yap, prinsipnya bsa dilihat dari proses pembuatan garam, itu yang baru saya ketahui

    BalasHapus